4. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan beberapa
poin pembahasan sekaligus sebagai jawaban atas pertanyaan penelitian yang telah
diuraikan dalam bentuk tujuan penulisan pada latar belakang permasalahan Paper.
Berikut beberapa poin kesimpulan yang dapat ditarik:
1)
Potensi kemajuan
ekonomi Islam melalui pengembangan produk halal sangat besar. Hal ini terlihat
dari potensi pengembangan produk halal Indonesia yang saat ini sangat diminati
oleh pasar internasional. Kedudukan ekonomi Islam Indonesia akan secara
otomatis menguat terdorong oleh pertumbuhan
sektor halal yang kemudian akan memperkuat perekonomian nasional.
2)
Meski beberapa pelaku
usaha kontra terhadap adanya JPH, namun secara keseluruhan para pengusaha
tersebut keberatan dengan adanya biaya. Adapun aspek keamanan dan jaminan yang
didapat dari sistem jaminan produk halal ini sangat dihargai karena juga berpengaruh terhadap
jaminan mutu.
3)
Pemetaan masalah
dalam pengembangan industri halal dapat dilakukan dengan melakukan analisis
SWOT pasar Indonesia. Berdasarkan hasil analisis tersebut kemudian dapat
dirumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan.
Daftar Pustaka
Alam,
S. S. & Sayuti, N. M. (2011). Applying the Theory of Planned Behavior
(TPB) in halal food purchasing. International Journal of Commerce and
Management, 21 (1),8-20. © Emerald Group Publishing Limited, 1056-9219, DOI
10.1108/10569211111111676
Al-Harran,
S. & Low, P. (March 2008), Marketing of halal products: The way forward,
Halal Journal. Retrieved from http://www.halaljournal.com
Anne-Birte,
S. (2007). Al Islami Foods, a leading provider of quality ‘real halal’ food
products. paper presented at the World Halal Forum (WHF) Halal Industry
Dialogue, Dubai, available at: www.ameinfo.com/news/Detailed/111503.html.
Ariff
(2009). Importance of halal certification. Retrieved from http://www.halaljournal.com/article/4262/importance-of-halal-certification
Canada,
A. a.-f. (2011). Global Halal Food Market. Agriculture and Agri-food
Canada.
Grewal,
Baljeet Kaur (2014). The Halal Economy and The Islamic Capital Market.
KFH Research. Kuwait
Halalcare
(2014). Produk Halal: Perkembangan, Prospek Dan Strategi Pengembangan
Di Indonesia. Retrieved from http://halalcare.blogspot.com/2011/07/produk-halal-perkembangan-prospek-dan.html
Halalguide.com
(2007). produk halal. Retrieved from www.halalguide.com
Indonesia
(1996). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan
Indonesia
(1999). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999
tentang Perlindungan Konsumen
Indonesia
(1999). Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan
Pangan.
IslamOnline.net
(2005). Malaysian “Halal Journal”
hits UK, UAE markets. Retrieved from http://www.islamonline.net/E
nglish/News/2005-02/21/article04.shtml
Kamali,
M.H. (2003). Principles of Islamic jurisprudence. Cambridge: Islamic
Texts Society. Adoption of
text messaging services. Retrieved July, 14.
Kemenag
(2001). Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 518 Tahun 2001 tentang Pedoman dan
Tata cara Pemeriksaan dan Penetapan Pangan Halal
Kemenkes
(1996). Surat Keputusan Nomor: 82/Menkes/SK/I/1996 tentang Pencantuman Tulisan
Halal pada Label Makanan
Kemenkes
(1996). Surat Keputusan Nomor: 924/Menkes/SK/VIII/ 1996 tentang perubahan atas
Keputusan Menteri Kesehatan RI No 82/Menkes/SK/I/1996 tentang Pencantuman
Tulisan ‘’halal’’ pada Label Makanan
Kemenkeu
(2014). Data penerbitan sukuk negara (SBSN) Juli 2014. Retrieved from http://www.kemenkeu.go.id/en
Kemenkum-HAM (2011). Tim Pengkajian Hukum
Tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pemberian Informasi Produk Halal.
Badan Pembinaan Hukum Nasional. Jakarta
Khalek, Aiedah Abdul (2014). Young
consumers’ attitude towards halal food outlets and JAKIM’s halal certification
in Malaysia. Procedia, Social dan Behavioral Sciences 121 (2014)
26-34.
Kompas
(2014). Omzet Pasar Baru Rp 5 Miliar Per Hari. Retrived from http://nasional.kompas.com/read/2010/12/16/05565439/omzet.pasar.baru.rp.5.miliar.per.hari
Liputan6.com (2013). RI
Tertinggal dari Malaysia & Thailand soal Industri Pangan Halal. Retrieved
from http://bisnis.liputan6.com/read/773905/ri-tertinggal-dari-malaysia-thailand-soal-industri-pangan-halal
Metrotv
News (2013). Sektor Gaya Hidup Halal di Indonesia Menjanjikan. Retrieved
from http://microsite.metrotvnews.com/indonesiamemilih/read/2013/12/14/910/201439/-Sektor-Gaya-Hidup-Halal-di-Indonesia-Menjanjikan
Omar,
Khairi Mohamed, et al (2012). The Direct Effects of Halal Product Actual
Purchase Antecedents among the International Muslim Consumers. American
Journal of Economics June 2012, Special Issue: 87-92 DOI:
10.5923/j.economics.20120001.20
Otoritas
Jasa Keuangan (2013). Laporan Perbankan Syariah 2013. Retrived from
http://www.ojk.go.id/
Population,
M. (2012). World Mulim Population. Muslim Population. Retrieved from
http://www.muslimpopulation.com/World/
Raihana,
Farah Binti Haji Ismail dan Kauthar Binti Nasiruddin (2014). Perception of
Non-Muslim Consumers towards Halal Products in Malaysia. International Journal
of Accounting and Business Management (Online), Volume 2, Issue 1 (April 2014)
ISSN: 2289-4519. Research Paper
Republika
Online (2014). 'Indonesia Jangan Hanya Jadi Pasar Halal'. Retrieved from
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/13/12/22/my757g-indonesia-jangan-hanya-jadi-pasar-halal
Republika
Online (2014). Pengarus-utamaan Ekonomi Syariah. Retrieved from http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/14/08/13/na8b8943-pengarusutamaan-ekonomi-syariah
Soesilowati,
Endang S (2011). Business Opportunities for Halal Products in the Global
Market: Muslim Consumer Behaviour and Halal Food Consumption. Journal of
Indonesian Social Sciences and Humanities
2011, Publish in OALib Journal ISSN: 2333-9721
Tempointeraktif
(2005). Ppotensi pasar Uni Eropa untuk produk halal. www.tempointeraktif.com,
27 Mei 2005
No comments:
Post a Comment