Oct 20, 2014

Jaminan Produk Halal: Sebuah Potensi Pengembangan Produk Halal dan Ekonomi Islam di Indonesia (part 4)



4.      Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan beberapa poin pembahasan sekaligus sebagai jawaban atas pertanyaan penelitian yang telah diuraikan dalam bentuk tujuan penulisan pada latar belakang permasalahan Paper. Berikut beberapa poin kesimpulan yang dapat ditarik:
1)      Potensi kemajuan ekonomi Islam melalui pengembangan produk halal sangat besar. Hal ini terlihat dari potensi pengembangan produk halal Indonesia yang saat ini sangat diminati oleh pasar internasional. Kedudukan ekonomi Islam Indonesia akan secara otomatis menguat terdorong oleh pertumbuhan  sektor halal yang kemudian akan memperkuat perekonomian nasional.
2)      Meski beberapa pelaku usaha  kontra terhadap adanya  JPH, namun secara keseluruhan para pengusaha tersebut keberatan dengan adanya biaya. Adapun aspek keamanan dan jaminan yang didapat dari sistem jaminan produk halal ini sangat  dihargai karena juga berpengaruh terhadap jaminan mutu.
3)      Pemetaan masalah dalam pengembangan industri halal dapat dilakukan dengan melakukan analisis SWOT pasar Indonesia. Berdasarkan hasil analisis tersebut kemudian dapat dirumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan.

Daftar Pustaka

Alam, S. S. & Sayuti, N. M. (2011). Applying the Theory of Planned Behavior (TPB) in halal food purchasing. International Journal of Commerce and Management, 21 (1),8-20. © Emerald Group Publishing Limited, 1056-9219, DOI 10.1108/10569211111111676
Al-Harran, S. & Low, P. (March 2008), Marketing of halal products: The way forward, Halal Journal. Retrieved from http://www.halaljournal.com
Anne-Birte, S. (2007). Al Islami Foods, a leading provider of quality ‘real halal’ food products. paper presented at the World Halal Forum (WHF) Halal Industry Dialogue, Dubai, available at: www.ameinfo.com/news/Detailed/111503.html.
Ariff (2009). Importance of halal certification. Retrieved from http://www.halaljournal.com/article/4262/importance-of-halal-certification
Canada, A. a.-f. (2011). Global Halal Food Market. Agriculture and Agri-food Canada.
Grewal, Baljeet Kaur (2014). The Halal Economy and The Islamic Capital Market. KFH Research. Kuwait
Halalguide.com (2007). produk halal. Retrieved from www.halalguide.com
Indohalal.com (2000). Survey Yayasan Halalan Thayyiban dan LPOM MUI Tahun 2000. www.indohalal.com.
Indonesia (1996). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan
Indonesia (1999). Undang-Undang Nomor 8  Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
Indonesia (1999). Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan.
IslamOnline.net (2005).  Malaysian “Halal Journal” hits UK, UAE markets. Retrieved from http://www.islamonline.net/E nglish/News/2005-02/21/article04.shtml
Kamali, M.H. (2003). Principles of Islamic jurisprudence. Cambridge:  Islamic  Texts  Society. Adoption  of  text messaging services. Retrieved July, 14.
Kemenag (2001). Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 518 Tahun 2001 tentang Pedoman dan Tata cara Pemeriksaan dan Penetapan Pangan Halal
Kemenkes (1996). Surat Keputusan Nomor: 82/Menkes/SK/I/1996 tentang Pencantuman Tulisan Halal pada Label Makanan
Kemenkes (1996). Surat Keputusan Nomor: 924/Menkes/SK/VIII/ 1996 tentang perubahan atas Keputusan Menteri Kesehatan RI No 82/Menkes/SK/I/1996 tentang Pencantuman Tulisan ‘’halal’’ pada Label Makanan
Kemenkeu (2014). Data penerbitan sukuk negara (SBSN) Juli 2014. Retrieved from http://www.kemenkeu.go.id/en
Kemenkum-HAM (2011). Tim Pengkajian Hukum Tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pemberian Informasi Produk Halal. Badan Pembinaan Hukum Nasional. Jakarta
Khalek, Aiedah Abdul (2014). Young consumers’ attitude towards halal food outlets and JAKIM’s halal certification in Malaysia. Procedia, Social dan Behavioral Sciences 121 (2014) 26-34.
Kompas (2014). Omzet Pasar Baru Rp 5 Miliar Per Hari. Retrived from http://nasional.kompas.com/read/2010/12/16/05565439/omzet.pasar.baru.rp.5.miliar.per.hari
Liputan6.com (2013). RI Tertinggal dari Malaysia & Thailand soal Industri Pangan Halal. Retrieved from http://bisnis.liputan6.com/read/773905/ri-tertinggal-dari-malaysia-thailand-soal-industri-pangan-halal
Metrotv News (2013). Sektor Gaya Hidup Halal di Indonesia Menjanjikan. Retrieved from http://microsite.metrotvnews.com/indonesiamemilih/read/2013/12/14/910/201439/-Sektor-Gaya-Hidup-Halal-di-Indonesia-Menjanjikan
Omar, Khairi Mohamed, et al (2012). The Direct Effects of Halal Product Actual Purchase Antecedents among the International Muslim Consumers. American Journal of Economics June 2012, Special Issue: 87-92 DOI: 10.5923/j.economics.20120001.20
Otoritas Jasa Keuangan (2013). Laporan Perbankan Syariah 2013. Retrived from http://www.ojk.go.id/
Population, M. (2012). World Mulim Population. Muslim Population. Retrieved from http://www.muslimpopulation.com/World/
Raihana, Farah Binti Haji Ismail dan Kauthar Binti Nasiruddin (2014). Perception of Non-Muslim Consumers towards Halal Products in Malaysia. International Journal of Accounting and Business Management (Online), Volume 2, Issue 1 (April 2014) ISSN: 2289-4519. Research Paper
Republika Online (2014). 'Indonesia Jangan Hanya Jadi Pasar Halal'. Retrieved from http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/13/12/22/my757g-indonesia-jangan-hanya-jadi-pasar-halal
Republika Online (2014). Pengarus-utamaan Ekonomi Syariah. Retrieved from http://www.republika.co.id/berita/koran/opini-koran/14/08/13/na8b8943-pengarusutamaan-ekonomi-syariah
Soesilowati, Endang S (2011). Business Opportunities for Halal Products in the Global Market: Muslim Consumer Behaviour and Halal Food Consumption. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities  2011, Publish in OALib Journal ISSN: 2333-9721
Tempointeraktif (2005). Ppotensi pasar Uni Eropa untuk produk halal. www.tempointeraktif.com, 27 Mei 2005

No comments:

Post a Comment